Pages

Rabu, 05 Oktober 2011

Di Tengah Mereka, Terserak Pahala yang Besar

Indah sekali kehidupan ini saat dikelilingi orang-orang yang tercinta. Jiwa akan menemukan rasa puas kebahagiaannya, ketika kita mampu memberikan sesuatu yang berarti dalam kehidupan mereka, membuatnya tersenyum, merasakan keberartian dari keberadaan kita.

Orang-orang tercinta menjadi bagian hidup kita. Mereka hadir di kehidupan kita tidak sekedar sebagai pelengkap, tapi mereka adalah sosok-sosok penting yang tak bisa diabaikan. Mereka, masing-masing punya peran-peran vital yang menjadi sebab dan perantara bagi terwujudnya sebagian besar cita-cita kita.

Mereka itu penting, dan karena itu kita harus menganggapnya penting, serta harus berusaha memberikan banyak hal kepada mereka, sebagai upaya menciptakan kekokohan dalam hubungan kita. Sebab, seringkali perhatian dan pemberian kita kepada mereka masih sangat terbatas. Terkadang kita melupakan itu. Banyak hal yang seharusnya bisa mereka dapatkan dari kita, tapi kita tidak memberinya secara maksimal. Hanya sekedarnya saja, dengan beragam alasan yang bisa kita kemukakan.

Cinta kita kepada mereka mengharuskan adanya perhatian dan kasih sayang. Ya, sebuah cinta yang terjalin karena sebuah ikatan darah dan janji. Maka tak layak rasanya kita menyebut mereka sebagai orang-orang tercinta, jika kita tak mampu memberi mereka kasih sayang dan perhatian. Tak pantas rasanya ada pembiaran dan ketidakpedulian diantara kita dengan mereka, padahal takdir sudah mengatakan kita adalah bagian hidup mereka dan mereka adalah bagian hidup kita.

Mungkin kita sangat sibuk, karena setiap hari harus berkutat dengan setumpuk tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi itu bukan alasan untuk memangkas kasih sayang kita kepada mereka. Mungkin kita sering hidup berjauhan, karena mengurus sejumlah aktifitas dan tugas di tempat lain, tapi tidak berarti kita boleh mengurangi perhatian kita terhadap mereka. Barangkali waktu kita di rumah sangat terbatas, tidak berarti komunikasisi kita juga harus terbatas. Tidak, sama sekali tidak. Sebab tidak ada kasih sayang dan perhatian yang lebih indah dari kasih sayang dan perhatian yang kita berikan kepada mereka. Tidak ada kasih sayang dan perhatian yang lebih menyemangati daripada itu.

Ketika kita tidak mampu memberi yang maksimal dari sisi materi, maka da sisi-sisi lain yang busa kita maksimalkan. Dan semua itu adalah pemberian, semua itu adalah sedekah. Kita tidak perlu khawatir karena suatu kendala di sisi tertentu, sepanjang kita bisa memberi manfaat yang besar di sisi yang lain. Karena itu, berikanlah yang terbaik yang kita bisa, agar kita menjadi manusia pilihan, oleh sebab pengabdian kita yang tulus dan maksimal kepada orang-orang tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar